Bertemu dengan KPU, Puan Pastikan Tahapan Pemilu Segera Dimulai 14 Juni 2022

- Senin, 6 Juni 2022 | 15:31 WIB
Pimpinan DPR bersama KPU umumkan tahapan Pemilu 2024. (INDOZONE/Harits Tryan)
Pimpinan DPR bersama KPU umumkan tahapan Pemilu 2024. (INDOZONE/Harits Tryan)

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut bahwa DPR bersama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyepakati bahwa tahapan Pemilu 2024 bakal dimulai pada tanggal 14 Juni 2022 mendatang.

“Tadi disepakati antara KPU dan Pimpinan DPR, dan pimpinan komisi dan pemerintah bahwa tahapan pemilu dilaksanakan tanggal 14 Juni 2022,” kata Puan usai bertemu dengan KPU di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (6/6/2022).

Untuk diketahui Pemilu akan digelar secara serentak pada 14 Februari 2024. Sementara Pilkada Serentak akan digelar pada 27 November 2024.

DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilu telah menyepakati besaran dana pelaksanaan Pemilu 2024 senilai Rp76,6 triliun. Puan mengingatkan mengenai efektivitas anggaran.

Baca juga: 5 Negara Tanpa Karantina yang Bebas Dikunjungi Wisatawan Internasional

“Anggaran Pemilu 2024 agar dilakukan secara efektif dan efisien serta dimaksimalkan sesuai dengan kebutuhan sejak dimulainya tahapan pemilu,” ucap Puan.

Agustus Pendaftaran Parpol

Puan menjelaskan, jadwal waktu pendaftaran parpol sebagai peserta pemilu akan ditetapkan pada bulan Agustus 2022. Kemudian verifikasi parpol calon peserta pemilu akan ditetapkan pada Desember 2022. 

"Sehingga pelaksanaan tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu insyaallah sesuai dengan jadwal yang akan ditetapkan," urai Puan.

Tak hanya itu, Puan meminta agar KPU dan Komisi II DPR melakukan simulasi kampanye agar saat Pemilu 2024 nanti berlangsung, setiap kebutuhan dapat terakomodir dengan baik.

“Durasi masa kampanye akan berdampak pada produksi dan distribusi logistik, oleh karenanya produksi logistik harus dilakukan dengan tepat waktu, tepat sasaran dan tepat jumlah sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan,” sebut Puan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Edi Hidayat

Tags

Rekomendasi

Terkini

X